Perlindungan Hukum Konsumen Dalam Dunia E-Commerce

Opini, Legalvoice.id - Dalam kegiatan perekonomian, ada 2 (dua) pemeran  utama yakni pelaku usaha dan konsumen. Dua entitas ini akan sering berinteraksi karena memiliki kebutuhan antar satu sama lain. Pelaku usaha membutuhkan konsumen sebagai pengguna dari barang/jasa hasil produksinya, sedangkan konsumen akan sangat membutuhkan pelaku usaha sebagai penyedia barang/jasa untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari.

Perkembangan teknologi informasi elektronik (Internet)  membawa dampak  luas bagi masyarakat termasuk dalam dunia perdagangan sehingga ruang gerak transaksi semakin  luas dan tak terbatas, baik wilayah maupun waktu.  Hal ini ditandai dengan semakin maraknya transaksi jual beli secara online (tanpa tata muka) antara Pelaku Usaha  dan konsumen. Namun, Perkembangan jejaring teknologi informasi ini juga seperti pedang bermata 2 (dua).  Selain memberikan kemudahan dan efisien, ternyata memiliki dampak negatif yang dapat ditimbulkan, contoh kecilnya penipuan.

Akan tetapi dengan terbitnya Undang-Undang Nomor 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (selanjutnya disebut  UUPK) menjadi angin segar bagi konsumen.  Dalam Pasal 1 angka 1 UUPK menyebutkan ;
“Perlindungan Konsumen adalah segala daya upaya yang menjamin adanya kepastian hukum untuk memberi perlindungan kepada konsumen”. 
Hak Konsumen dan Pelaku usaha secara berimbang juga telah diatur dalam UUPK, Pasal 4 perihal hak konsumen dan Pasal 7 perihal hak pelaku usaha.

Namun, didalam UUPK belum mengatur secara spesifik mengenenai jual-beli secara online, oleh karna itu Pemerintah menerbitkan Peraturan Pemerintah Nomor 82 Tahun 2012 Tentang Penyelenggaran Sistem dan Transaksi Elektronik atau yang dikenal dengan singkatan PP PSTE. Menurut Pasal 48 ayat (3) PP PSTE setidaknya harus memuat hal-hal sebagai berikut; data identitas para pihak; objek dan spesifikasi; persyaratan Transaksi Elektronik; harga dan biaya; prosedur dalam hal terdapat pembatalan oleh para pihak; ketentuan yang memberikan hak kepada pihak yang dirugikan untuk dapat mengembalikan barang dan/atau meminta penggantian produk jika terdapat cacat tersembunyi; dan pilihan hukum penyelesaian Transaksi Elektronik.
                                                                       
Penyelesaian Sengketa Konsumen dan Pelaku Usaha
Adanya regulasi tentang Perlindungan Konsumen tidak serta merta meniadakan sengketa yang akan terjadi. Pada tahun 2019, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mencatat pengaduan akibat belanja online sebanyak  34 kasus. Belum lagi yang tidak dilaporkan oleh korban. Dalam rangka penyelesaian sengketa Konsumen dan Pelaku Usaha, UU Perlindungan Konsumen telah mengaturnya dalam Pasal 45 ayat (1) dan Pasal 45 ayat (2) Undang-Undang Perlindungan Konsumen. 
Pasal 45 ayat (1) “Setiap konsumen yang dirugikan dapat menggugat pelaku usaha melalui lembaga yang bertugas menyelesaikan sengketa antara konsumen dan pelaku usaha atau melalui peradilan yang berada dilingkungan peradilan umum”
Pasal 45 ayat (2)  “Penyelesaian sengketa konsumen dapat ditempuh melalui pengadilan atau diluar pengadilan berdasarkan pilihan sukarela para pihak yang bersengketa “. 

Maka, demi mencegah terjadinya sengketa antara konsumen dengan pelaku usaha, sebaiknya konsumen menjadi konsumen yang cerdas dan selektif serta kritis apabila ditemukan hal-hal yang mencurigakan seperti harga yang terlalu murah dan lain sebagainya.

Oleh : Arianto Hulu, S.H
Ilustrasi Belanja Online

COMMENTS

Nama

Editorial,1,Hukum,3,News,86,Opini,17,
ltr
item
Legal Voice: Perlindungan Hukum Konsumen Dalam Dunia E-Commerce
Perlindungan Hukum Konsumen Dalam Dunia E-Commerce
https://1.bp.blogspot.com/-NFQyk6aiDBU/XrohL8vgE4I/AAAAAAAAAGk/d6nR5cuxkY4C2YTA2Stcw7ejbT9m852FwCLcBGAsYHQ/s320/IMG_1678.PNG
https://1.bp.blogspot.com/-NFQyk6aiDBU/XrohL8vgE4I/AAAAAAAAAGk/d6nR5cuxkY4C2YTA2Stcw7ejbT9m852FwCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG_1678.PNG
Legal Voice
http://www.legalvoice.id/2020/05/perlindungan-hukum-konsumen-dalam-dunia.html
http://www.legalvoice.id/
http://www.legalvoice.id/
http://www.legalvoice.id/2020/05/perlindungan-hukum-konsumen-dalam-dunia.html
true
5448203866042148273
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy